Total Tayangan Halaman

Selasa, 17 April 2012

Fisika~Bunyi

Bunyi adalah hasil dari benda yang bergetar. Karakter dari bunyi itu sendiri adalah dapat dipantulkan, termasuk gelombang longitudinal, dan memerlukan medium untuk merambat (padat, cair , dan gas). Syarat terdengar bunyi adalah ada sumber bunyinya, ada medium perambatan, dan ada pendengarnya. Coba aja kalau kita lagi bicara dan nggak ada yang mendengarkan sama aja bicara sendiri kan?

Macam bunyi ialah Infrasonik (f < 20 Hz), Audiosonik (20 ≤ f ≤ 20 KHz), dan Ultrasonik ( > 20 KHz). Apa saja hal-hal yang terkait dengan bunyi? Hal-hal yang terkait dengan bunyi ialah Nada dan desah, Warna Bunyi, Keras lemah bunyi, dan tinggi rendah bunyi. Nada ialah bunyi dengan frekuensi yang teratur, sedangkan desah ialah bunyi dengan frekuensi yang tidak teratur. Warna bunyi ialah bunyi dengan frekuensi sama tetapi masih dapat dibedakan keduanya. Keras dan lemahnya suatu bunyi dipengaruhi oleh Amplitudo, sedangkan tinggi dan rendahnya suatu bunyi dipengaruhi oleh frekuensi.

Pernahkah kalian mendengar Resonansi Bunyi? Jika pernah, taukah kalian apa artinya? Ya, Resonansi bunyi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karna bergetarnya benda lain. Syarat Resonansi yakni Frekuensi Sumber. Apa itu frekuensi sumber? Frekuensi sumber ialah frekuensi 'penerima'. Manfaat dari resonansi itu sendiri ialah memperkuat bunyi asli yang digunakan pada alat musik, contohnya gitar, seruling, dan gendang. Resonansi kira-kira punya kerugian nggak ya... tentu saja punya, kerugian dari resonansi ialah Merusak Benda.

Temen-temen,, bunyi itu punya manfaat hloo.. yakni untuk USG, mengukur kedalaman laut, mengukur panjang gua, dan bunyi juga bermanfaat dalam penggunaan kacamata ultrasonik.  yaa itulah sedikit materi tentang Bab Bunyi, selebihnya, mungkin saya kurang tau, tapi kalau ada tambahan, entar nyusul dah, tenang ja.. ^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar